Baca Berita

MENGATASI ANAK SUKA MERENGEK

Oleh : kb.kotadenpasar | 05 September 2016 | Dibaca : 701 Pengunjung

Apa kabar Ayah Bunda dan sahabat balita tercinta...kali ini kami dari Tim Ciluba akan membagikan informasi seputar permasalahan perilaku anak yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari berikut beberapa cara untuk mengatasinya. Edisi hari ini Senin, 5 September 2016, adalah

Keluhan ini sering terjadi pada anak bungsu. Sering merengek minta perhatian terus dari orang di sekelilingnya sehingga cenderung terkesan manja. Bagaimana cara mengatasinya?

Kunci dari pemecahan masalah ini adalah jangan memanjakan atau dengan kata lain jangan mengistimewakan si bungsu dengan kakaknya. Tidak mudah memang sebagai orang tua dalam membagi kasih sayang. Karena setiap anak punya kebutuhan kasih sayang dan perhatian yang tak terbagi dengan saudaranya yang lain. Saran kami, ayah bunda sebaiknya luangkan waktu 15 menit sehari untuk setiap anak tanpa diganggu anak yang lain. Di sini ayah ataupun bunda bisa mengambil peran secara bergantian. Dalam waktu khusus untuk tiap anak ini, anak akan merasa bahwa perhatian ayah bunda tidak terbagi dan ia bisa bebas bercerita apa saja tanpa takut dikomentari kakak/adiknya. Dalam kesempatan khusus tersebut ayah bunda bisa menggali apa masalah yang sedang dialami. Mungkin saja ada kesulitan yang ia alami di luar rumah sehingga ia kembali merengek. Dengarkan terlebih dahulu unek uneknya dan setelah itu sampaikan padanya apa yang ayah bunda harapkan darinya. Kemudian cari jalan keluarnya bersama sama. Ayah bunda bisa berduaan dengannya misalnya pada saat menjeputnya dari sekolah atau ajaklah anak berdua saja pergi sekedar berjalan jalan. Dengan menegakkan aturan yang berlaku untuk semua anak serta ayah bunda tidak meluluskan keinginan anak dengan cara merengek, niscaya kebiasaan tersebut akan hilang. Tekankan pada anak, bahwa tidak akan mendapatkan keinginan apapun dengan cara merengek. Sekali berhasil maka rengekan itu akan cenderung terus diulang.  Tetap semangat ayah bunda....ingat, anak adalah harta yang tak ternilai. Salam Ci Lu Ba...(Cinta Keluarga Balita)


Oleh : kb.kotadenpasar | 05 September 2016 | Dibaca : 701 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Memperingati Hari Keluarga Nasional di Lampung
Video
Kisah Si Aska
Facebook
Twitter